Ayo Simpan di Awan

01

Cloud Storage atau awan penyimpanan, artinya kita dapat menyimpan data atau file di awan dengan jaringan internet. eits jangan salah kaprah dulu, awan disini berbeda dengan awan diatas sana, kalau awan diatas hanya bisa menyimpan air.

Cara Kerja Cloud Storage

Sistem Komputasi Awan menggunakan serangkaian komputer server yang telah dioptimasi dengan sistem penyimpanan yang nantinya membentuk banyak virtual server atau tempat penyimpanan data dalam jaringan internet. Data yang tersimpan pada virtual server tersebut akan tetap ada dalam server pusat dan jika pengguna memerlukan data tersebut, maka tinggal mengaksesnya dan akan tersimpan secara sementara pada perangkat kita.

Kelebihan Cloud Storage

  1. Tidak memakan tempat
  2. Relatif lebih aman
  3. Bisa diakses dimana saja

Kekurangan Cloud Storage

  1. Harus terkoneksi internet
    Karena berbasis online, mau tidak mau kamu harus mempunyai akses internet untuk mengakses data yang kamu simpan, lalu jika kamu ingin menggunakannya kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu. Apalagi jika file yang kamu butuhkan berukuran besar, kamu juga membutuhkan bandwith yang cukup banyak.
  2. Situs maintenance
    Ini adalah masalah besar bagi pengguna cloud storage, jika kita sedang membutuhkan file yang kita simpan di cloud tetapi situs cloud tersebut dalam perbaikan.

0.jpg

Cloud Storage dapat diakses dari sistem operasi mana pun baik itu dekstop maupun mobile, Cloud storage dapat di akses dari Windows, Windows Mobile, IOS, Linux, dll. Yang terpenting adalah ada jaringan internet.

Cloud Storage Indonesia yang populer, yaitu :

  1. Dropbox
    Layanan ini sangat membantuk kita untuk berbagi data dengan orang tertentu hanya dengan menggunkan fitur otomatis yaitu push download. Dropbox memberikan kapasitas sebesar 2 GB namun kita bisa meng-upgrade hingga 18 GB.
  2. Google Drive
    Layanan Cloud Storage Google ini disinkronisasi dengan data menggunakan folder yang ada pada desktop. Selanjutnya kapasitas yang diberikan google oleh Google cukup besar yaitu 5GB.
  3. iCloud
    Layanan Cloud Storage iCloud dikhususkan untuk pengguna produk Apple. Apple menghadirkan iCloud untuk pengguna iPhone, iPad, iMac, dan Macbook.
  4. Box
    Box menjadi layanan Cloud Storage iCloud yang dihadirkan untuk kelas Enterprise IT dan Business dengan fitur yang lebih banyak. Box menawarkan fitur untuk berbagi data dan kolaborasi. Box juga memberikan kontrol keamanan yang baik bahkan layanan ini memudahkan penyimpanan data ataupun untuk berbagi data dengan klien.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s